Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

0 Comments

CV Kawijaya

Perkembangan expansion joint di Indonesia mengalami banyak kemajuan. Tak heran jika Pelaksana sering kesulitan dalam mengerjakan expansion joint di lapangan karena memerlukan ketrampilan dan pengalaman untuk memasangnya. kurangnya bahan-baku dan sumber-daya manusia juga menjadi salah satu kendala yang sering dijumpai.

Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

Nah……disini kami CV.Kawijaya hadir sebagai solusi untuk mengatasi hal tesebut karena kami CV.Kawijaya yang sudah sangat berpengalaman dibidang kontruksi dari tahun 2006 sampai sekarang terutama di expansion joint. Sebagai contoh kami baru menyelesaikan Expansion Joint Move Aspaltic Tol KLBM. jadi dengan ketrampilan dan pengalaman kami dilapangan, kami tidak banyak mengalami kesulitan maupun kendala dalam pemasangan expansion joint, apalagi dengan masalah teknisnya.

Contoh bahan yang kami tawarkan seperti aspaltiplug, batu, plat baja dan filler dan lainnya yang di desain sedemikian rupa sehingga produk expansion joint akan memperoleh kombinasi dengan komposisi dan sifat masing-masing komponen untuk menghasilkan material yang memiliki sifat ulet, tangguh, elastic, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan air dan tahan oksidasi. Sehingga struktur jembatan akan tahan lama.

dibawah ini adalah dokumentasi Pekerjaan Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)) sekaligus proses pelaksanaanya:

Pelaksanaan

  • Pemotongan Lapisan Aspal dan Pembongkaran Garis.

Tandai dahulu aspal yang akan dipotong dengan menggunakan kapur. Kemudian Potong dengan menggunakan alat Cutter Concrate. pemotongan dan pembongkaran lapisan aspal harus dilakukan minimal selebar disaign yang telah direncanakan. Kemudian bongkar menggunakan alat Jack Hammer.

Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28) Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

bersihkan kotoran atau sisa-sisa aspal setelah melakukan proses pemotongan dan pembongkaran agar aspal bitumen dapat menempel pada sisi-sisi lapis permukaan lama sehingga aspal baru menjadi sangat kuat dan juga lentur sehingga dapat menerima beban yang bekerja secara bersamaan.

  • Pemasangan Plat Baja.

Lapisi seluruh sisi yang dibongkar dengan menggunakan aspal bitumen yang berfungsi sebagai pengikat antara bagian aspal lama dengan aspal baru. Kemudian pasangkan baja dalam kondisi datar atau sama tinggi antara sisi-sisinya agar plat baja tidak bergerak pada saat menerima beban dari atas yang menyebabkan expansion joint mudah retak.

Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

  • Pemasangan Premix.

panaskan terlebih dahulu Premix sebelum digelar dengan alat pemanas tertentu (indirect heating) sampai suhu 200 derajat, agar suhu dapat terkontrol dengan baik dan dapat menghasilkan panas yang merata pada seluruh premix. Penghamparan lapis pertama setebal kurang 40 mm yang kemudian dicor dengan aspal karet yang sudah dipanaskan dengan cara indirect heating sampai suhu 200 derajat agar aspal karet tersebut dapat berpenetrasi kedalam semua rongga antar premix.

Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

Proses ini diulangi untuk ketebalan selanjutnya, sampai elevasi yang ditentukan. Setelah penghamparan premix selesai selanjutnya dipadatkan dengan menggunakan alat compector sampai premix saling mengunci dan padat.

  • Penghamparan aspal bitumen.

Setelah semua premix padat selanjutnya cor kembali dengan aspal bitumen yang berfungsi sebagai waterproofing agar air tidak masuk kedalam bagian premix.

Expansion Joint Aspaltic Tol KLBM (STA-28)

  1. Penutup

Umumnya kerusakan yang terjadi pada expansion joint disebabkan karena beban kendaraan yang lewat melebihi kapasitas yang diizinkan, kondisi bearing pad yang mati, dan proses yang pelaksanaan yang tidak sempurna yang menyebabkan air masuk kedalam expansion joint. Proses pekerjaan expansion joint tidak boleh dilakukan pada kondisi hujan karena dapat menurunkan temperatur suhu aspal bitumen yang seharusnya tetap terjaga dalam kondisi panas.

Jawa Timur : Perumahan Jaya Maspion Permata A2 – No. 15-17

Gedangan – Sidoarjo

No Telp       : (031) 8557963

Jawa Tengah : Perumahan Argopeni RT.07/05 Kutoarjo

No. Telp         : (0275) 6451190

Direktur Utama : 0813-2269-9996 (Soegito)

                           0815-5340-5455 (Soegito)

E-mail            : [email protected]

  E-mail                  : [email protected]

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *